AGEN ASURANSI

Cara Menjadi Agen Asuransi Allianz

 

ayo bisaa“Apa bisa saya jadi seorang agen asuransi?”

Pertanyaan ini sering kali kami dengar, bahkan mereka tidak yakin kalau mereka bisa menjadi seorang agen asuransi karena alasan yang paling sering dikemukakan adalah saya gak pinter ngomong.

Yaa benar sah-sah aja alasan apapun yang dikemukakan itu semua sudah benar, berangkat dari masalah-masalah tersebut maka kamipun mau gak mau akhirnya membuat seleksi, karena daripada jalan dan berhenti ditengah jalan kan malah repot.

Semua bisnis apapun berangkat harus dari keyakinan dulu

Sebaiknya sebelum memutuskan jadi seorang agen asuransi ada baiknya teman-teman benar-benar sudah mempertimbangkan masak-masak keputusan teman-teman, dan ijin dari orang-orang terdekat teman-teman, supaya banyak yang do’ain keberhasilan teman-teman nantinya, penting lohhh…., ini sedikit saya beri contoh buat pertimbangan teman-teman nantinya, tanya dan jawablah dengan jujur :

  • Apakah teman-teman sudah siap menemui orang setiap harinya, berapa orang..?
  • Apakah teman-teman siap menghadapi penolakan-penolakan, bahkan yang paling ekstrim sekalipun
  • Apakah teman-teman serius dalam menjalankan bisnis ini seumur hidup karena kita sebagai agen asuransi mau gak mau harus melayani nasabah seumur hidup, tinggal siapa duluan yang berangkat menghadap ilahi (he..he..)

Kalau teman-teman hanya mau coba-coba saja dulu, sebaiknya saran kami dipikir ulang aja dan kembalikan pertanyaan-pertanyaan tadi diatas, karena itu artinya teman-teman belum merasa yakin dengan keputusan teman-teman. atau teman-teman gali lagi informasi tentang menjadi agen asuransi bisa lewat medsos atau datang langsung ke seminar bisnisnya, yang kami adakan tiap hari sabtu (khusus untuk domisili Jabodetabek).

kalau teman-teman memang sudah mempunyai pekerjaan lain, teman-teman boleh nyambi dengan catatan tetap menjalankannya dengan serius dan kesungguhan hati, dan jika ternyata semakin baik penghasilan di asuransinya silahkan teman-teman menjadi agen asuransi yang full time.

Menjadi agen asuransi itu membutuhkan mental yang sangat kuat loh, dan tidak mudah untuk bisa mencapai income tertentu, karena semakin besar income maka semakin banyak penghargaan yang diberikan, jadi kita mendapatkan penghargaan sesuai dengan apa yang sudah kita kerjakan, itu semua membutuhkan mental dan tekad baja, jika teman-teman semua sudah yakin itu semua jadi mudah dan teman-teman pasti bisa.

Apa aja yang perlu dipersiapkan

Bisnis asuransi itu adalah sebuah bisnis yang dijalankan memakai sistem, dan di Allianz namanya bisnis sistem, khusus diteam kami setiap calon agen yang bergabung di team kami ada beberapa persyaratan yang kami tetapkan, guna mengurangi permasalahan,

Agar bisnis kita bisa berjalan dengan lancar kami memutuskan syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Calon agen wajib punya kendaraan sendiri minimal roda 2
  2. Punya laptop atau Ipad dan dapat mengoprasikannya
  3. Mengerti dan dapat membuat, atau senang berselancar di internet, karena kami akan mengarahkan untuk dapat membuat blog atau web sendiri
  4. Senang bersosialisasi dan cepat bisa mandiri

dan untuk teman-teman yang sudah dapat membuat web atau blog sendiri, ada syarat tambahan yang musti teman-teman biasakan :

  1. Biasakan sering membaca mengenai artikel asuransi, kesehatan dan keuangan (senang membaca)
  2. Mau belajar
  3. Pernah tahu bisnis di internet minimal

Yang wajib disetorkan

1. Isi Form Aplikasi Agen lalu :

a. Foto berwarna ukuran 3X4 (3 lembar)

b. Foto copy KTP (2 lembar)

c. Fotokopi  buku tabungan no rekening yang jelas (1 lembar)

d. Jika ada , Fotokopi NPWP (1 lembar)

e. Struk bukti transfer biaya ujian AAJI sebesar Rp. 280.000 (sebaiknya di copy dulu)

2. Membuka polis TAPRO

Mengapa harus buka polis, sebagai distributor yang akan mendistribusikan alangkah baiknya jika kita sudah ada polis, bagaimana kita akan mengedukasi orang untuk mau membuka Polis sedangkan kita sendiri belum punya ?, nah jadi lucu kan, dan lagi Polis yang anda buka adalah penjualan pertama anda yang nantinya jadi produksi anda pribadi, artinya itu penghasilan pertama anda.

3. Setelah semua data diatas lengkap, anda tunggu konfirmasi ujian AAJI.aaji

Mengapa harus ujian AAJI, yaa setiap agen asuransi wajib mengikuti ujian AAJI dan harus lulus pastinya soalnya kalau gak lulus anda harus mengulang kembali dengan biaya Rp. 150.000 perkali ujian. tetapi jika anda lulus anda resmi sudah menjadi agen asuransi dan nama anda sudah terdaftar di AAJI, apa sih AAJI, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia adalah asosiasi yang mewadahi setiap agen asuransi dari perusahaan manapun.

Berapa lama kita menunggu dari sejak lengkapnya persyaratan sampai ke ujian AAJI, kurang lebih 2 minggu paling cepat dan untuk anda yang berada di wilayah Bekasi bisa ujian di Bekasi di Kampus UNISMA Bekasi timur.

Sambil menunggu proses ujian, anda bisa belajar sambil praktek dilapangan, materinya bisa di donlot disini

Isian wajib calon agen

klik disini

Adakah jenjang di ASN bisnis sistem?

Ya ada, jenjang dibisnis sitem yang ada di ASN hanya dua layer (jenjang) saja :

Jenjang  pertama  (Business Executive – BE)

Apa itu BE, BE adalah Agen Asuransi diperingkat atau dijenjang pertama,

Kewajiban apa yang harus dilakukan seorang BE, seoarang BE jika mau terus ke jenjang berikutnya maka dia wajib mencapai omzet penjualan premi sebesar 25 juta, yang bisa dikejar dalam waktu sesingkat-singkatnya, boleh 1 buan atau lebih (paling lama 2 tahun),  Premi 25 juta jika disetahunkan namanya ALP  (Annualized Life Premium) sebesar 300 juta (setara total premi 25 juta per bulan).

Berapa komisi yang akan anda terima, untuk cara menghitungnya bisa langsung konsultasi dengan kami.

Jenjang kedua (Business Partner – BP)

Karena anda sudah mencapai premi 25 juta maka anda otomatis akan menjadi seoarang BP atau Leader.

kewajiban seorang BP adalah menduplikasi apa yang telah anda lakukan dan anda ajarkan ke team yang akan anda rekrut, karena tugas utama seorang BP adalah membesarkan team. lebih bagus lagi jika anda bisa mencapai achievement dari Allianz.

Di sini, selain komisi atas penjualan pribadi, anda juga berhak atas overriding atau tunjangan jabatan sebesar ½ X (tahun 1) dan ½ X (tahun 2). Overriding ini anda peroleh baik dari penjualan pribadi maupun BE-BE di tim anda.

Untuk BP yang sudah punya income diatas 50 juta perbulan disebut SBP (senior bisnis Partner)

seorang SBP akan terus menambah BP diteamnya.

Tugas anda sebagai SBP adalah mengulangi Langkah 1 dan Langkah 2, serta memastikan BE dan BP di bawah anda pun melakukan hal yang sama.

Di sini, selain komisi penjualan pribadi dan overriding, anda juga berhak atas royalti (passive income) sebesar 1/6 X (tahun 1) dan 1/6 X (tahun 2) dari omset seluruh BP di jaringan anda, hingga kedalaman 5 generasi BP. Uang besar adanya di sini.

Penjelasan:

  • ALP 300 juta berarti setara total premi 25 juta per bulan. Jika rata-rata nasabah anda setor premi 1 juta per bulan, dibutuhkan 25 nasabah untuk menjadi BP.
  • X adalah komisi dasar produk Tapro (Allisya Protection Plus atau Smartlink Flexi Account Plus). Berapakah X? Karena sedikit banyak ini termasuk rahasia perusahaan, anda tanya saya saja ya:)
  • Anda boleh merekrut agen langsung (downline) berapa pun jumlahnya (kelebaran tidak dibatasi).
  • Simpelnya sistem bisnis ASN dengan royalti hingga kedalaman 5 generasi BP dapat dijelaskan dengan gambar ini:

Support System

Untuk mendukung kesuksesan anda, ada banyak support system yang bisa anda manfaatkan.

A. Dari Manajemen Allianz Life Indonesia

Dari pihak manajemen Allianz Life Indonesia, ada dua training yang wajib diikuti oleh setiap agen, yaitu:

  1. Basic Training Program. Ini adalah training dasar yang wajib diikuti setiap agen Allianz. Training dasar meliputi: ASN Orientasi Program, Basic Product Training, dan Basic Operation Training.
  2. New Leader Training (NLT). Ini adalah training untuk agen yang telah mencapai level BP.

Kedua training ini dilaksanakan setelah anda terdaftar sebagai agen.

Selain itu ada beberapa acara lain yang rutin diadakan Allianz, antara lain:

  1. ASG (All Star Gathering), diadakan 2-3 kali setahun. Seminar intensif selama 3 hari yang menghadirkan pembicara dari kalangan internal maupun luar.
  2. Kick off Meeting, diadakan setiap bulan Januari, berisi pengarahan dari manajemen Allianz dan info-info seputar berbagai kontes yang diadakan di tahun itu.
  3. ASN Recognition, sebuah acara selebrasi untuk memberikan penghargaan kepada para agen yang mencapai target promosi, kontes trip, MDRT, dan MDIT.
  4. ASN Final Lap, diadakan setiap awal bulan Oktober. Seminar sehari yang menghadirkan para pembicara level nasional dan internasional untuk menyemangati para agen menghadapi tiga bulan terakhir.

Support system lainnya adalah aneka kontes untuk memacu semangat agen dalam melakukan penjualan. Kontes yang rutin diadakan adalah:

  1. Trip ke luar negeri. Biasanya ada tiga negara tujuan trip yang dapat dipilih dengan persyaratan penjualan pribadi dan atau penjualan tim.
  2. CPC (Consistent Producers Club), penghargaan untuk para agen yang konsisten berproduksi setiap bulan.

B. Hope Network

Beruntung saya tergabung di grup Hope Network, sebuah grup keagenan yang selalu mengajarkan bagaimana bekerja dengan hati, dan selalu humble apapun situasi dan kondisinya:

  1. M3 (Money Making Meeting), kelas penyegaran motivasi dan inspirasi, di mana agen-agen sukses membagikan pengalaman dan tips-tips kesuksesan mereka.
  2. BSP (Business Success Presentation), kelas pengenalan bisnis ASN, prospek, dan sistem kompensasinya.
  3. Training Product Knowledge, untuk membekali para agen dengan pengetahuan produk yang mumpuni.

B. Dari Saya dan Tim 

Dengan sumber daya yang ada pada saya, sebisa mungkin saya akan membantu anda mencapai keberhasilan di bisnis ini, antara lain melalui:

1. Blog  butuh asuransi syariah. Blog ini adalah support system pertama yang dapat anda manfaatkan untuk memperdalam pengetahuan produk Allianz, beragam tips berjualan asuransi, edukasi asuransi, profil Allianz, dan lain-lain. Saya berharap agen-agen di tim saya telah membaca sebagian besar artikel kami

Untuk itu sebaiknya anda berlangganan blog ini supaya memperoleh pemberitahuan via surel setiap kali saya menerbitkan artikel baru. Caranya dengan mencantumkan alamat surel pada tombol Berlangganan Blog yang ada di bagian bawah halaman ini.

2. Nama dan kontak anda akan dipasang di blog butuh asuransi syariah

3. Dibantu untuk mendapatkan calon nasabah dan agen via internet.

4. Dibimbing langkah demi langkah untuk bisa mendapatkan calon nasabah dan agen secara pasif melalui internet (jika berminat dan memenuhi kualifikasinya).

5. Izin menggunakan seluruh artikel di blog butuh asuransi syariah untuk dipasang di web/blog anda.

Semua support system tersebut akan bekerja maksimal hanya jika anda sendiri memiliki keinginan yang kuat, inisiatif, dan antusias.

sebagian artikel ini diambil dari blog www.myallisya.com

Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada kang Asep Sopyan, yang telah menginspirasi kami.

wassalam

butuh asuransi syariah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *